PENGARUH TERAPI BERMAIN JENGA TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) AKIBAT HOSPITALISASI DI MURNI TEGUH MEMORIAL HOSPITAL

  • Livia Tamara STIKes Murni Teguh
  • Muhammad Taufik Daniel Hasibuan STIKes Murni Teguh
Keywords: Anxiety, Hospitalization, Play therapy, Preschool age children

Abstract

Hospitalization is a process that plans or emergency requires the child to stay in the hospital, to undergo therapy and treatment until his return home. Hospitalization has a psychological impact in several ways, such as depression, stress, fear and experiencing anxiety. One of the recommended interventions is the provision of jenga play therapy. The purpose of this study aims to find out the effect of jenga play therapy on decreasing anxiety in preschool-aged children (4-6 years) due to hospitalization at Murni Teguh Memorial Hospital. This type of research is quasy experimental with the design "One group pre test – Post test". The total sample in the study was 30 preschool-age children using the total sampling technique. Data collection is done before and after play therapy using Spance Children Anxiety Scale (SCAS) instrument and analyzed with the Wilcoxon signed rank test. The results of this study showed that there is an effect of jenga play therapy on decreased anxiety in preschool-aged children as seen from the results of wilcoxon's analysis signed rank test with a value of Z = -4,381 showed the significance of p value = 0.001 (p<0.05). There is an effect of jenga play therapy on decreased anxiety in preschool-aged children (4-6 years) due to hospitalization at Murni Teguh Memorial Hospital.

 

Abstrak

Hospitalisasi adalah suatu proses yang berencana atau darurat mengharuskan anak tinggal di rumah sakit, untuk menjalani terapi dan perawatan hingga pemulangannya kerumah. Hospitalisasi secara psikologis berdampak dalam beberapa hal yaitu depresi, stres, takut dan mengalami kecemasan. Salah satu intervensi yang dianjurkan adalah pemberian terapi bermain jenga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain jenga terhadap penurunan kecemasan pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) akibat hospitalisasi di Murni Teguh Memorial Hospital. Jenis penelitian adalah quasy eksperimen dengan rancangan “One group pre test – Post test”. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 anak usia prasekolah dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan sebelum dan sesudah terapi bermain menggunakan instrumen Spance Children Anxiety Scale (SCAS) dan dianalisis dengan uji Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh terapi bermain jenga terhadap penurunan kecemasan pada anak usia prasekolah yang dilihat dari hasil analisa Wilcoxon signed rank test dengan nilai Z = -4,381 menunjukkan signifikansi p value =0.001 (p<0,05). Terdapat pengaruh pemberian terapi bermain jenga terhadap penurunan kecemasan pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) akibat hospitalisasi di Murni Teguh Memorial Hospital.

References

Alini. (2017). Pengaruh Terapi Bermain Plastisin (Playdough) Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Mengalami Hospitalisasi Di Ruang Perawatan Anak RSUD Bangkinang Tahun 2017. Jurnal Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 1(1), 1 – 10.
Dayani, N.E., Budiarti, L.Y., & Lestari, D.R. (2015). Terapi Bermain Clay Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Hospitalisasi Di RSUD Banjarbaru. DK, 3(2), 1 – 15.
Eliyanti, Y., & Fusfitasari, Y. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Clay Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rumah Sakit Bengkulu. JMK: Jurnal Media Kesehatan, 14(2), 166 – 174..
Hadi, Y.M.W, Munir, Z., & Siam, W.N. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Family-Centered Care terhadap Pasien Anak dengan Stress Hospitalisasi. Citra Delima : Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 3(2), 112 – 116.
Harahap, M.I. (2019). Hubungan Support System Keluarga Degan Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di RSU. Imelda Pekerja Indonesia Medan. Nursing Update: Jurnal Pembaruan Keperawatan, 1(1), 22 – 28
Ilmiasih, R. (2012). Pengaruh Seragam Perawat: Rompi Bergambar Terhadap Kecemasan Anak Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Tesis Program Magister Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 1 – 105.
Mulyanti, S., & Kusmana, T. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi di RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal BIMTAS, 2(1), 20 – 26.
Niven, N., & Waluyo, A. (2013). Psikologi kesehatan: pengantar untuk perawat dan professional kesehatan lain. Jakarta: EGC.
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106 – 117.
Rokach, A. (2016). Psychological, emotional and physical experiences of hospitalized children: Mini Reiew. Clin Case Rep Rev, 2(4), 399 – 401.
Saputra, H., & Intan, F. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain Di Rumah Sakit: Penerapan Terapi Bermain Anak Sakit; Proses, Manfaat dan Pelaksanaannya. Kediri, Jawa Timur: Strada Ebook.
Silva, S.G.T.D., Santos, M.A., Floriano, C.M.D.F., Damião, E.B.C., Campos, F.V.D., & Rossato, L.M. (2017). Influence of Therapeutic Play on the anxiety of hospitalized school-age children: Clinical trial. Revista Brasileira de Enfermagem, 70(6), 1244 - 1249.
Supartini, Y. (2012). Konsep dasar keperawatan anak. Jakarta: EGC.
Survei Kesehatan Nasional (SUSENAS). (2014). Jumlah anak usia prasekolah di indonesia
Published
2023-01-25