PENGARUH TERAPI KOGNITIF MINDFULNESS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN COVID-19 DI RUANG ISOLASI RUMAH SAKIT AMINAH KOTA TANGERANG

  • Dini Widiarti Wicaksono Rumah Sakit Aminah, Tangerang
  • Afnijar Wahyu STIKes Murni Teguh
Keywords: Anxiety, Covid-19, Mindfulness Cognitive Therapy

Abstract

Cognitive therapy is the process of thinking, remembering, solving problems faced by someone who can change thoughts, behaviors and emotional responses and help individuals to get out of trouble. One type of cognitive therapy that can be used, namely mindfulness, can reduce the loneliness experienced by a person. This study aims to determine the effect of Mindfulness cognitive therapy on anxiety levels in Covid-19 patients in the Tangerang City Hospital Isolation Room. The sampling technique was purposive random sampling with a population of 110 people and a sample of 41 people using the Slovin formula. This research is experimental. The design with quasyexperiment design with pre and post-test design without control group is the method of this research. Comparative analysis of two paired samples with the Wilcoxon-test. From the results of the Wilcoxon-test, it was found that p value = 0.001, this indicates that there is an effect of giving Mindfulness cognitive therapy on anxiety levels in Covid-19 patients. It is hoped that the results of this study can be used as information or input in improving health services, especially regarding the effect of mindfulness therapy on anxiety levels in Covid-19 patients and Mindfulness Therapy can be applied to all patients who experience excessive anxiety, such as pre-surgery patients and SPOs are made.

 

Abstrak

Terapi kognitif yaitu proses berpikir, mengingat, pemecahan permasalahan yang dihadapi seseorang yang dapat merubah pikiran, perilaku dan respon emosi dan membantu individu untuk keluar dari kesulitan. Salah satu jenis terapi kognitif yang dapat digunakan yaitu dengan mindfulness, dapat mereduksi kesepian yang dialami seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi kognitif Mindfulness terhadap tingkat kecemasan pada pasien Covid-19 di Ruang Isolasi Rumah Sakit Kota Tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive random sampling dengan jumlah populasi 110 orang dan sampel sebanyak 41 orang menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini bersifat experimen. Rancangan dengan quasy-experiment design with pre and post-test design without control grup merupakan metode penelitian ini. Rancangan one group pretest-posttest design ini terdiri atas satu kelompok yang telah ditentukan dengan uji wilcoxon-test. Dari hasil uji wilcoxon-test didapatkan p value = 0.001, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian terapi kognitif Mindfulness terhadap tingkat kecemasan pada pasien Covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi atau masukan dalam meningkatkan pelayanan Kesehatan khususnya tentang pengaruh terapi mindfulness terhadap tingkat kecemasan pada pasien Covid-19 dan Terapi Mindfulness bisa diterapkan untuk semua pasien yang mengalami kecemasan berlebihan, seperti pasien pre-operasi dan dibuat tandar Prosedur Operasional nya.

References

Annisa, D.F., & Ifdil, I. (2016) Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93 – 99.
Asmadi. (2013) Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.
Astiti, N.L.S.D. (2020). Terapi Mindfulness Mengatasi Kecemasan Pada Lansia. Skripsi Program Studi Keperawatan Program Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika Bali Denpasar, 1 – 65.
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Res., 287(2020), 1 – 5.
Dudi, H. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Psikologi. Jakarta Selatan: Pusdik SDM Kesehatan.
Fachrudin, D., & Ul Hasanat, N. (2016). Program mindfulness untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif perawat. In Proceeding seminar nasional positive psychology.
Ikatan Dokter Indonesia (IDI). (2020) Pedoman Tata Laksana Covid19. Diakses pada tanggal 21 Februari 2021 dari https://covid19.go.id/artikel/2022/ 02/03/pedoman-tatalaksanacovid-19-edisi-4.
Jauhariyah, F. (2022). Hubungan antara mindfulness dengan fear of missing out (FOMO) pada Siswa SMAN 1 Driyorejo. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 1 - 122.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). (2020). Pedoman Pencegahan, dan Pengendalian Coronavirus Disease. https: / / infeksiemerging .kemkes.go. id/ download/REV 04_Pedoman_P2_COVID- 19__ 27_ Maret2020_TTD1.pdfS 23 Januri 2021.
Laely, A.J., Prasetyo, A., & Ropyanto, C.B. (2017) pengaruh campur tangan mindfulness terhadap kecemasan pada pasien kanker nasofaring. CARING, 1(2), 8 – 14.
Murdock, N.L. (2012) Theories of Counseling and Psychoterapy: A Case Approach. 3rd Ed. New York: Pearson Education.
Musawwamah, Q.A. (2022). Pengaruh Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT) Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Ibu Hamil. Tesis Program Studi Magister Profesi Psikologi Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 1 – 293.
World Health Organization (WHO). (2020). Global surveillance for human infection with novel- coronavirus (2019-ncov). Diakses pada 25 September 2022 dari https://www.who.int/publicationsdetail/global-surveillance-forhuman-infection-with-novelcoronavirus-(2019-ncov).
World Health Organization (WHO). (2020). Clinical management of severe acute respiratory infection (SARI) when COVID-19 disease is suspected Interim Guidance, Diakses pada tanggal 25 September 2022 dari https://apps.who.int/iris/bitstream/ handle/10665/331446/WHO2019-nCoV-clinical-2020.4-chi.pdf
Zigmond, A.S., & Snaith, R.P. (1983). The hospital anxiety and depression scale. Acta psychiatrica scandinavica, 67(6), 361 - 370.
Published
2023-01-25