EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DICISION DAN SELF DIRECTED LEARNING PADA MATA KULIAH KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH I PADA PRODI KEPERAWATAN ACEH UTARA POLTEKKES KEMENKES ACEH

  • Fitriani Agustina Dosen Prodi Keperawatan Aceh Utara, Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Ainil Yusra Dosen Prodi Keperawatan Aceh Utara, Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Yusrawati Yusrawati Dosen Prodi Keperawatan Aceh Utara, Poltekkes Kemenkes Aceh
Keywords: Self-Directed Learning, Student Centered Learning, Student Teams Achievement Division

Abstract

Student Centered Learning (SCL) is a learning model that is currently popular in the world of education, namely the implementation of a student-centered learning process. One of the efforts to improve KMB I learning at the Aceh Ministry of Health Polytechnic is implementing a competency-based curriculum with an emphasis on a learning process that relies on student learning activities (Student Centered Learning - SCL). The STAD learning model was chosen for its relevance, the cooperative approach is very flexible and can be applied to almost all courses and can improve students' ability to solve problems in a timely manner. Self-Directed Learning can improve knowledge, skills, achievement and individual development starting with one's own initiative using one's own learning planning and doing it oneself, realizing one's own learning needs in achieving learning goals by creating one's own learning strategies and assessing one's own learning results. These two methods are part of theory and are effective in achieving learning objectives. The design of this research is classroom action research with Consecutive Sampling. The number of respondents involved was 76 respondents. Data collection was carried out using checklists and evaluation forms from exam results and student activities. Data collection was carried out from July to December 2022. Data analysis used the t test with a 95% confidence interval. The results of the research obtained the SDL Learning Method with a mean of 70.54 and STAD 69.34 with a P Value > 0.05, this shows that these two learning methods have not shown differences in effectiveness in their application in the North Aceh Nursing Study Program so that students' learning styles and learning motivation have an important role in the process learning.

 

Abstrak

Student Centered Learning (SCL) merupakan salah satu model pembelajaran yang saat ini populer di dunia pendidikan, yaitu pelaksanaan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu upaya perbaikan pembelajaran KMB I di Poltekkes Kemenkes Aceh yaitu  pengimplementasian kurikulum berbasis kompetensi dengan menitik beratkan pada proses belajar yang bertumpu pada aktivitas belajar mahasiswa (Student Centered Learning - SCL). Model pembelajaran STAD dipilih relevansi, pendekatan kooperatif sangat fleksibel diterapkan pada hampir semua mata kuliah dan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa memecah masalah secara tim. Self-Directed Learning dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, prestasi dan pengembangan individu yang diawali dengan inisiatif sendiri menggunakan perencanaan belajar sendiri dan dilakukan sendiri, menyadari kebutuhan belajar sendiri dalam mencapai tujuan belajar dengan cara membuat strategi belajar sendiri serta penilaian hasil belajar sendiri. Kedua metode ini secsra teori efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Desain penelitian ini adalah classroom action riset dengan Concecutive Sampling. Jumlah responden yang dilibatkan 76 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan daftar tilik dan form evaluasi dari hasil ujian dan aktivitas mahasiswa. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2022. Analisis data menggunakan t tes dengan interval kepercayaan 95%. Hasil penelitian didapat Metode Pembelajaran SDL dengan rerata 70.54 dan STAD 69.34 dengan nilai P Value > 0.05, hal ini menunjukan bahwa kedua metode pembelajaran ini belum menunjukkan perbedaan keefektifan dalam penerapannya di Prodi Keperawatan Aceh Utara sehingga gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran.

References

1. Sarnoto, A. Z. et al. (2023). Analisis pengaruh model pembelajaran student center learning terhadap hasil belajar: studi literatur review. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, Volume 11 Nomor 2(e-ISSN: 2623-1964), pp. 615-628.
2. Budiyanto, M. A. K. (2016). SINTAKS 45 metode pembelajaran dalam student centered. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
3. Tambuwun, S. & Pasambo, Y. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Belajar Student center learning di jurusan keperawatan poltekkes manado. Jurnal Media Kesehatan Politehnik Kesehatan Makassar, Volume XIV Nomor 1(2549-0567).
4. Heni, A. N., Sarmidin & Zulhaini. (2019). Pengaruh pendekatan pembelajaran student centered learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-qur'an hadits kelas xi di ma bahrul ulum kecamatan singingi kabupaten kuantan singingi. JOM FTK UNIKS, Volume Volume I Nomor I.
5. Shintami, R. A. (2022). Penggunaan metode student center learning (scl) berbasis handout mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran keperawatan komunitas di smk bhakti husada. Jurnal Kesehatan Pertiwi, Volume Volume 4 Nomor 2.
6. Knowles, M. S. (1975). Self-directed learning: a guide for learners and teachers. Chicago: Follett Publishing Company.
7. Widyanto, I. P. & Vienlentia, R. (2022). Peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik menggunakan student centered learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume 7 Nomor 4(2502-471X), pp. 149-157.
8. Puspita, S. & Rosa, E. M. (2017). Pengaruh metode pembelajaran student teams achievement division (STAD) terhadap peninkatan motivasi belajar. Jurnal Keperawatan Notokusumo, Volume V Nomor 1(ISN 2338-4514).
9. Rachmawati, D. O. (2010). Penerapan model self-directed learning untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 43, pp. 177-184.
10. Aksit, F., Niemi, H. & Nevgi, A. (2016). Why is active learning so difficult to implement: the turkish case. Australian Journal of Teacher Education, 41(4), pp. 94-109.
11. Efendi, P. & Pardosi, S. (2016). Peran pendekatan student center learning dalam proses pembelajaran di prodi D-III keperawatan poltekkes kemenkes bengkulu. Jurnal Media Kesehatan, Volume Volume 9 Nomor 1, pp. 001-113.
Published
2023-12-01